Jumat, 18 Juli 2014

DUA HAL YANG TIDAK BISA KITA TUNDA

18.July 2014

ADA 2 HAL YANG TIDAK BISA KITA TUNDA DI KEHIDUPAN INI :
1. BERBAKTI PADA ORANGTUA
2. MELAKUKAN KEBAIKAN KEPADA SESAMA DAN SEMUA MAKHLUK

Orangtua ibarat sepasang Buddha / Dewa yang berada di dekat kita. Terkadang kita terlalu sering menghormati yang di luar sana, namun kita lupa untuk menghormati mereka yang berada sangat dekat dengan kita. Orangtua diibaratkan sepasang Buddha hidup yang harus kita perlakukan setara dengan Buddha yang kita puja di Vihara.

Di hidup ini kita membutuhkan makanan, pendidikan, uang, pakaian, teman, pekerjaan dan kita memerlukan CINTA. Dimanakah cinta pertama kita? Cinta pertama yang kita temukan saat kita membuka mata di dunia ini adalah cinta dari kedua orangtua kita. Mereka mencintai kita walaupun mereka belum tahu apakah anak mereka laki-laki atau perempuan, mereka mencintai kita walaupun mereka belum tahu apakah anak mereka itu cantik, ganteng atau tidak, mereka mengorbankan tenaga dan pikirannya untuk kenyamanan hidup anak-anaknya, mencukupi segala kebutuhannya dan memberikan segala hal terbaik yang mereka punya. Apakah kita sanggup hidup tanpa cinta mereka?

Ketika kita mulai dewasa, kita semakin jauh dari orangtua, kita semakin membentangkan jarak diantara kita dan orangtua, orangtua terkadang tak lagi menjadi prioritas utama kita, namun ingatlah kita selalu menjadi prioritas utama mereka. Betapa besarnya cinta mereka kepada kita. Kita bersyukur memiliki mereka. Mereka yang tak pernah kehabisan stok cinta, pengorbanan dan kasih sayang untuk kita.

Sudahkah kita membalas jasa mereka? Bagaimana cara membalas jasa mereka? Apakah dengan mencari uang sebanyak-banyaknya? ataukah menjadi anak pintar? Bahkan, jika kita memikul mereka diatas pundak kita dan kita berjalan mengelilingi dunia ini, kita masih belum bisa membalas jasa mereka. Orangtua tak perlu uang mu, mereka butuh perhatianmu. Orangtua tak perlu hartamu, mereka butuh bakti mu.

Datanglah pada mereka hari ini, sekarang ini dan saat ini.. Peluklah mereka dengan segenap cinta yang kamu punya, mungkin cintamu tidak sebesar cinta yang mereka punya, tetapi lakukanlah dengan ketulusan yang engkau punya. Katakanlah dengan penuh kesadaran dan renungkan jasa kebajikan yang telah mereka lakukan untukmu, katakan "Aku mencintaimu, Ma.. Pa., Aku minta maaf atas segala kesalahan yang ku perbuat kepada mama dan papa, Ma.. Pa.. Maafkan segala kesalahanku, ketidak-patuhanku, ketidak-berbaktianku, Mohon maafkan aku.. Terima Kasih Mama, Papa atas cinta, kasih sayang dan pengorbanan yang begitu luar biasa yang engkau berikan padaku.." Bersujudlah.. Peluklah.. Tataplah mereka yang sudah mulai tua dan renta.. Jangan biarkan mereka semakin jauh dari hidup dan pikiran kita..

Mungkin mereka bukan orangtua terbaik, namun mereka telah melakukan hal terbaik yang mereka bisa.. Ingatkan dan Pahami mereka, bukan membentaknya, lindungi mereka di hari tua mereka, cintai mereka seperti mereka mencintaimu dengan seluruh jiwa dan raga mereka. Kita tidak bisa memilih dimana kita akan dilahirkan, memilih lahir dari rahim ibu siapa, ataupun memilih terlahir di keluarga yang seperti apa, namun percayalah.. mereka mencintaimu melebihi mencintai diri mereka sendiri.. Mereka orangtua hebat..

Laksanakan baktimu pada orangtua sesegera mungkin, saat mereka masih bisa menerima baktimu saat ini.. Jangan menundanya hingga mereka sudah tak bisa menerima baktimu.. Surga di telapak kaki ibumu, bahkan di telapak kaki seorang pelacur pun terdapat surga apabila ia dengan kesungguhan hati mencintai, merawat dan berkorban untuk anaknya.. Apapun pekerjaan orangtuamu, apapun yang mereka lakukan, apapun yang mereka kerjakan diluar sana, ingatlah bahwa mereka adalah orang pertama yang memberikan cinta dan hidupnya untuk kita..

Salam Bakti,
EriCa YiNz

Tidak ada komentar: