Minggu, 22 November 2015

YUK DONASIKAN RAMBUT!

Kita sering mendengar bahwa “Every blood donor is a Hero!”. Jika para pendonor darah adalah pahlawan, bagaimana dengan pendonor rambut? Hah?! Bingung kan??? Istilah donor rambut mungkin masih terasa asing dan membuat kening kita berkerut.

Memang harus diakui bahwa mendonorkan rambut tidak sepopuler mendonorkan darah, namun bukan berarti tidak ada yang melakukannya. Bagi seorang wanita, rambut memang sebuah mahkota. Banyak di antara kita yang rela mengeluarkan banyak uang demi mempercantik rambut. Bahkan, beberapa di antaranya dengan sengaja mengubah gaya rambut yang membuat mereka terlihat semakin cantik. Dan, rata-rata kita lebih suka dengan rambut panjang dan indah.

September 2015 lalu, saat saya sedang iseng didepan laptop, saya mencoba mencari bahan bacaan tentang bagaimana prosedur mendonorkan organ saat ketika kita meninggal, lalu tidak puas dengan hasilnya, saya coba mengetik sebuah kalimat “Menjadi pendonor ketika masih hidup”.  Saya membaca banyak artikel yang menjelaskan tentang apa saja yang bisa kita berikan saat kita masih hidup. Selain darah, mata dan ginjal ternyata ada yang lain yakni rambut, hal sepele yang ternyata malah bisa kita pergunakan untuk membantu orang berkali-kali selama kita masih hidup.
Kalau kita punya rambut sehat ternyata selain berguna untuk diri sendiri juga dapat berguna untuk orang lain karena kita bisa mendonorkan rambut kita untuk orang lain. Kepada siapa rambut kita diberikan?  Banyak lembaga yang menerima donor rambut lalu akhinya rambut-rambut itu diproses menjadi wig / rambut palsu. Rambut palsu yang berasal dari human hair ini bisa dipergunakan menjadi dua kegunaan, yang pertama adalah dikirim kepada pembuat wig lalu dibuat menjadi rambut palsu dan diberikan kepada anak-anak atau wanita yang kehilangan rambutnya akibat kanker atau penyakit medis lainnya. Mereka benar-benar ingin menjadi wanita normal seperti yang lainya namun dia tidak bisa karena penyakitnya tersebut. Atau bisa juga wig tersebut dijual dan profitnya disumbangkan untuk yayasan yang membantu biaya pengobatan penderita kanker tidak mampu.

Ketika kita  menyumbangkan rambut, kita memberikan hadiah yang berharga untuk seorang wanita yang membutuhkan. Siapa pun bisa menyumbangkan rambut, anda tidak akan pernah menyesal membantu orang yang membutuhkan. Setelah membaca beberapa artikel, saya tertarik juga mendonasikan rambut saya untuk anak-anak dan wanita yang kehilangan rambutnya. Namun, rambut saya saat itu tidak begitu panjang, sehingga saya kesulitan mencari organisasi yang bisa menerima rambut saya. Setelah beberapa lama mem-browsing, akhirnya menemukan sebuah lembaga yang bisa menerima donasi rambut saya. Lembaga yang saya pilih adalah Pantene Beautiful Lenghts. Ada beberapa hal yang harus saya lihat dan pelajari sebelum mendonasikan rambut. Tentu saya akan membagikan info-info mengenai donasi rambut ini kepada teman-teman! Saya bahkan berhasil mengajak beberapa teman untuk ikut mendonasikan rambut mereka, saya mengirim 3 ikat pony tail untuk yayasan Pantene Beautiful Lenghths ini.

Sebelum memotong rambut dan mengirimkannya, pastikan bahwa kita memeriksa persyaratan sumbangan amal pilihan kita. Secara umum, panduan berikut yang umum untuk semua organisasi yang menerima rambut:

·        Rambut harus diikat pony tail  atau kepang dan dipotong di atas karet pony tail.
·      Persyaratan panjang sumbangan bervariasi dari delapan inci sampai 12 inci.  Pantene Beautiful Lenghts menerima donasi rambut minimal 8 inchi / 24 cm.
·         Rambut harus bersih dan kering saat dikirim.
·         Rambut tidak diwarnai, bleaching atau beruban.
·         Rambut harus alami - sintetis biasanya tidak diterima.
·         Rambut yang dari lantai tidak dapat digunakan.
·       Memotong pony tail atau kepang harus dikemas dalam kantong plastik ritsleting dan kemudian dimasukkan ke dalam amplop empuk.


Pastikan bahwa kita membaca dan mengikuti semua instruksi dengan seksama. Jika tidak, organisasi tidak akan dapat menggunakan rambut kita dan akan dibuang. Kirimkan donasi rambut ke alamat ini : Pantene Beautiful Lengths, Attn: 192-123. 806 SE 18th Ave. Grand Rapids, MN 55744. United States.

Saya memang sangat peduli dengan perawatan rambut dan sangat menyayangi rambut saya. Namun, tak butuh lama untuk memutuskan sebuah keputusan untuk memangkas pendek rambut yang saya cintai ini. Dua hari kemudian, dengan langkah pasti saya pergi ke salon untuk memotong rambut saya. Sebenarnya ide ini muncul tanpa disengaja. Teman-teman juga sering berkomentar tentang betapa cepatnya rambutku panjang. Dalam 1 tahun saja bisa sampai 2 kali ke salon untuk memotong rambut sekitar 10 – 15cm. Tanpa sadar selama ini ternyata saya sudah menyia-nyiakan rambut, padahal banyak sekali orang yang menginginkannya. Menurut saya, donasi rambut juga cocok untuk teman-teman yang takut jarum suntik atau terpaksa tidak bisa mendonasikan darah karena mengidap penyakit yang dapat ditularkan lewat darah. Donasi rambut bisa untuk siapa saja, bahkan anak-anak sekalipun selama memiliki rambut yang sehat dan panjang rambut yang cukup. Pihak salon juga sempat bingung saat saya meminta mereka memangkas rambut sesuai panjang yang saya inginkan, mereka juga sempat menanyakan apakah saya yakin, berhubung rambut saya sangat sehat, subur dan tebal, sangat sayang jika dipangkas sependek itu. Bagi saya, yang lebih disayangkan adalah jika saya membatalkan niat saya mendonasikan rambut untuk anak-anak dan wanita penderita kanker dan alopecia areata.

Dua bulan sudah berlalu. Tak sabar rasanya menunggu rambut saya kembali panjang dan didonasikan kembali. Rambut palsu memang tidak bisa menyembuhkan alopecia areata, kanker atau luka bakar. Namun dengan rambut palsu yang terbuat dari rambut asli manusia ini bisa membuat mereka berbaur dengan teman-teman sebaya dan tanpa melihat apa yang mereka idap. Trust me, ada anak-anak di luar sana yang sangat menginginkan rambut dan hanya dengan 8 inci dari rambut yang kita punya bisa membuatnya tersenyum lebar.


Maukah anda membuat mereka tersenyum dengan percaya diri?


BEFORE

AFTER

SALAH SATU TEMAN YANG IKUT MENDONASIKAN RAMBUTNYA, Ms.Yenni.




3 komentar:

Apri mengatakan...

Ka, tau ngga lembaga donor rambut di Indonesia? Kan kalau kaka lembaga donor dari US. Terima kasih^^

Unknown mengatakan...

kirimnya bagaimana ya kak?saya tanya kalau pakai pos nga bisa dikasi perangko trus pakai apa dong

Dewi Nairanti mengatakan...

Di indonesia nggak ada lembaga begituan ya kak? Cara ngirimnya gimana